PEMANFAATAN TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM BIDANG KEILMUAN ADMINISTRASI BISNIS
Farikhah Qumaitoturrohmah
NIM: 3119026
qumairotur18@gmail.com
PRODI S1 ADMINISTRASI
BISNIS
FAKULTAS BISNIS DAN
BAHASA
UNIVERSITAS PESANTREN
TINGGI DARUL ULUM JOMBANG
2020
ABSTRAK
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan teknologi informasi dalam
bidang keilmuan administrasi bisnis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode
kualitatif dan studi pustaka. Penelitian ini membahas peran Teknologi Informasi
dan Bisnis (TIK) dengan penerapan di lingkungan bisnis. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Teknologi Informasi Komunikasi dan penerapannya pada bidang
bisnis erat kaitannya. Pada akhirnya, keduanya dapat menciptakan simbiosis
mutualisme yang manfaatnya saat ini dapat kita rasakan.
Kata
Kunci: Teknologi Informasi, Administrasi Bisnis
ABSTRACT
This study aims to see
how the use of information technology in the scientific field of business
administration. This type of research is qualitative method. The information
data was completed by Book Research. This study investigate about the function
of InformationTechnology and Communication and the application of business. The
results showed that the use of information has been going well and between
Information Technology and the application in business area has firm of each
other. At last, the two sector can make a symbiosis mutualism which give
benefit for us though.
Keyword
: Informatipn Technology, Business Administration
A.
PENDAHULUAN
Bisnis dan
teknologi informasi merupakan dua hal yang berkaitan. Terlebih di era saat ini
teknologi memiliki peran yang besar bagi aktivitas manusia. Sehingga pengaruh
teknologi informasi tidak dapat diremehkan, karena proses globalisasi yang
berjalan begitu cepat yang memberikan pengaruhi pada cara berpikir maupun
berperilaku. Peran pentingnya teknologi informasi ini juga memberikan pengaruh
pada dunia bisnis. Pada dunia bisnis teknologi membantu banyak terutama terkait
sistem informasi yang terintegrasi dengan baik, yang mana sistem informasi yang
terintegrasi dibangun atau dirancang untuk mengatasi sekaligus membantu para
pelaku bisnis dalam menjalankan bisnis ke arah yang lebih baik. Selain itu,
pekerjaan atau aktivitas yang berhubungan bisnis akan lebih mudah dengan
memanfaatkan sistem kerja yang efektif dan efisien.
Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) merupakan payung besar terminologi yang mencakup seluruh
peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK terdiri
dari dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi
komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan
dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan
informasi. Dalam kamus Oxford (1995), teknologi informasi adalah studi atau
penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer untuk menyimpan,
menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata,
bilangan, dan gambar.
Dengan demikian
Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian yaitu segala kegiatan
yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan pemindahan
informasi antar media. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan
peralatan elektronika yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak
serta segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengolahan,
dan transfer atau pemindahan informasi antar media (Rusman, dkk. 2012:89).
B.
METODE PENELITIAN
Teknik pengumpulan data yang diperlukan pada penelitian kali
ini menggunakan metode kualitatif dan studi pustaka mengacu buku jurnal dan e-book sebagai literaturnya.
Metode kualitatif lebih menekankan pada pengamatan fenomena
dan lebih meneliti ke subtansi makna dari fenomena tersebut. Analisis dan
ketajaman penelitian kualitatif sangat terpengaruh pada kekuatan kata dan
kalimat yang digunakan. Oleh karena itu, Basri (2014) menyimpulkan bahwa fokus
dari penelitian kualitatif adalah pada prosesnya dan pemaknaan hasilnya.
Perhatian penelitian kualitatif lebih tertuju pada elemen manusia, objek, dan
institusi, serta hubungan atau interaksi di antara elemen-elemen tersebut,
dalam upaya memahami suatu peristiwa, perilaku, atau fenomena (Mohamed, Abdul
Majid & Ahmad, 2010).
Any investigation which does not
make use of statistical procedures is called “qualitative” nowdays, as if this
were a quality label in itself.
Definisi dari Ali dan Yusof tersebut, menekankan pada
ketidakhadiran penggunaan alat-alat statistik dalam penelitian kualitatif. Hal
ini tentunya untuk mempermudah dalam membedakan penggunaan metode kualitatif
dengan penggunaan metode kuantitatif. Karena metode kuantitatif bergantung pada
penggunaan perhitungan dan prosedur analisis statistika.
Studi kepustakaan adalah segala usaha yang
dilakukan oleh peneliti untuk menghimpun informasi yang relevan dengan topik
atau masalah yang akan atau sedang diteliti. Informasi itu dapat diperoleh dari
buku-buku ilmiah, laporan penelitian, karangan-karangan ilmiah, tesis dan disertasi,
peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan, buku tahunan, ensiklopedia dan
sumber-sumber tertulis baik tercetak maupun elektronik lain.
C.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Beberapa dekade terakhir ini teknologi
informasi (TI) mengemban peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan
mengalami perkembangan yang sangat luar biasa. Hampir seluruh kegiatan
sehari-hari kita didukung oleh TI tersebut, tidak terkecuali dalam menjalankan
bisnis yang terjadi pada perusahaan, baik bidang ekonomi maupun perbankan.
Perusahaan berskala besar maupun kecil hampir semuanya menggunakan teknologi
informasi sebagai pendukung aktivitas yang sangat dibutuhkan dalam meningkatkan
layanan bisnis yang dikelola. Salah satu peranan teknologi informasi bagi
perusahaan yang paling nyata adalah semua pekerjaan akan lebih cepat dan
akurat. Penerapan teknologi informasi yang efektif akan mengurangi biaya yang
tidak diharapkan dan dapat meningkatkan fleksibilitas. Hal ini akan terlihat
dalam alur bisnis yang menjadi lebih terorganisir dan tersentralisasi.
Kebutuhan pebisnis akan efisiensi waktu dan biaya sehingga merasa perlu menerapkan
teknologi informasi dalam lingkungan kerja.
Perkembangan TI dan kebutuhan tersebut
menghadirkan berbagai aplikasi dan layanan e-business, e-commerce, e-banking
dan lainnya. E-commerce adalah transaksi perdagangan menggunakan jaringan
komunikasi internet. E-commerce sendiri merupakan bagian dari e-business.
Selain teknologi jaringan, e-commerce juga menggunakan teknologi basis data
(database), surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang
lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk
e-commerce tersebut. Dengan hadirnya TI juga mempermudah cara komunikasi dalam
perusahaan dan juga lajurnya pengetahuan serta informasi.
Selain keuntungan dalam perusahaan, TI
juga membantu perusahaan memperbaiki, merancang dan mengelola hubungan dengan
pelanggan. Salah satu contohnya perkembangan TI mendukung adanya Customer
Relationship Management (CRM). Hal ini memberikan keuntungan bagi perusahaan
sehingga dapat lebih meningkatkan kinerja terhadap produktivitas. Dengan adanya
TI juga memungkinkan pelaku bisnis untuk menjalankan aktivitas bisnis selama 24
jam. Dalam persaingan bisnis yang sangat sengit, perusahaan dapat lebih
responsif terhadap perubahan pasar dengan mengutamakan konsumen sehingga akan
tercipta sebuah proses bisnis dengan kinerja yang optimal.
Memanfaatkan teknologi dalam melakukan
proses bisnis akan membawa dampak positif kepada perkembangan bisnis itu
sendiri dan pelaku bisnisnya. Karena,bisnis yang memanfaatkan teknologi
informasi akan memudahkan melakukan komunikasi. Dalam menjalankan
proses bisnis tidak luput dari komunikasi, yang mana hal ini peran teknlogi
informasi mendorong kecepatan dalam melakukan aktivitas tersebut. Seperti
misalnya melakukan pertukaran pesan melalui e-mail antar rekan kerja ataupun menggunakan
aplikasi lainnya yang berbasis internet. Selain itu, pelaku bisnis dapat dengan
mudah melakukan komunikasi dengan para konsumen sehingga mengetahui kebutuhan
konsumennya dengan tepat. Tentunya hal itu akan memberikan dampak yang besar
dan dapat mengembangkan bisnis yang dijalankan.
Kemudian, bisnis dan tekonologi
informasi yang diterapkan pada suatu perusahaan akan membantu proses
monitoring pergerakan bisnis. Pelaku bisnis dapat mengetahui pergerakan bisnis
dengan memanfaatkan jaringan internet dengan menggunakan report harian atau
bulanan sehingga memudahkan dalam menyusun strategi kedepannya. Selain itu,
pelaku bisnis juga dapat memonitoring kinerja karyawannya melalui pemanfaatan
teknologi informasi. Sehingga pekerjaan akan mudah diselesaikan dan lebih
praktis dibanding jika menerapkan metode manual atau tradisional.
Menghemat biaya produksi dan
operasional juga termasuk dalam manfaat jika bisnis menerapkan teknologi
informasi. Dengan berkembangnya teknologi informasi yang setiap hari menunjukan
perubahannya membuat perusahaan dapat melakukan pengawasan atau mengkontrol
biaya-biaya yang di keluarkanya setiap hari. Hal tersebut dapat membantu
perusahaan dalam pengambilan keputusan untuk mengurangi biaya-biaya yang harus
dikeluarkan untuk produk sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang
besar, tentu saja dengan pertimbangan pertimbangan yang matang ini dibantu oleh
teknologi informasi. Terutama ketika memanfaatkan teknologi informasi untuk
pemasaran seperti yang sudah disinggung diatas, yang mana tentu ini menghemat
biaya karena pelaku bisnis dapat mempromosikan bisnisnya melalui sosial media
seperti intagram yang sering digunakan oleh pelaku bisnis saat ini.
Selain itu, hubungan bisnis dan
teknologi informasi jika diterapkan akan membuka akses informasi dan
penyebaran informasi dengan mudah. Seperti yang telah diketahui jika
memanfaatkan teknologi informasi untuk melakukan promosi atau kegiatan yang sifatnya
mempublikasikan baik itu berupa berita, iklan, pengetahuan dan informasi
lainnya melalui jaringan internet maka akan mudah tersebar dengan cepat
dibandingkan dengan menggunakan cara yang konvensional seperti menggunakan
surat kabar, ataupun pemasangan iklan. Tentu saja hal tersebut juga berdampak
pada pengeluaran biaya yang lebih sedikit jika di bandingkan penyebaran
informasi dengan cara yang konvensional yang dapat mengeluarkan biaya yang
tentu tidak sedikit.
Maka, dapat dikatakan bahwa hubungan
bisnis dan teknologi informasi sangatlah erat, seperti bisnis dengan persaingan
ketat yang akan mati tanpa teknologi informasi. Sehingga pengaruh teknologi
informasi ini terhadap aktifitas dan perilaku organisasi dalam lingkup bisnis
sangat diperlukan. Selain itu hal ini tentunya akan mendukung penerapan sistem
informasi agar dapat berjalan dengan baik dan selaras dengan apa yang
dibutuhkan oleh manajemen organisasi bisnis itu sendiri. Akan tetapi, manfaat
yang sangat banyak diberikan dalam bidang bisnis tidak menutup kemungkinan
adanya penggunaan teknologi infromasi yang juga dapat disalah gunakan dalam hal
yang kurang tepat.
D.
SIMPULAN
Bisnis dan teknologi informasi merupakan dua hal yang
berkaitan. Terlebih di era saat ini teknologi memiliki peran yang besar bagi
aktivitas manusia. Sehingga pengaruh teknologi informasi tidak dapat
diremehkan, karena proses globalisasi yang berjalan begitu cepat yang
memberikan pengaruhi pada cara berpikir maupun berperilaku. Peran pentingnya
teknologi informasi ini juga memberikan pengaruh pada dunia bisnis. Pada dunia
bisnis teknologi membantu banyak terutama terkait sistem informasi yang
terintegrasi dengan baik, yang mana sistem informasi yang terintegrasi dibangun
atau dirancang untuk mengatasi sekaligus membantu para pelaku bisnis dalam
menjalankan bisnis ke arah yang lebih baik. Selain itu, pekerjaan atau
aktivitas yang berhubungan bisnis akan lebih mudah dengan memanfaatkan sistem
kerja yang efektif dan efisien.
DAFTAR PUSTAKA
Jurnal IKRA-ITH Informatika Vol 2 No 3 November 2018
ISSN 2580-4316
https://zahiraccounting.com/id/blog/bisnis-dan-teknologi-informasi-apa-hubungannya/
https://bbs.binus.ac.id/bbslab/2019/11/teknologi-informasi-dan-perkembangan-bisnis/
https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/Memahami-Metode-Penelitian-Kualitatif.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar